Tips untuk tetap aktif saat masa kehamilan

February 20, 2020 | By penulis | Filed in: Kesehatan.

Kenali Sejak Dini Inilah 5 Gejala Hepatitis B Awal Kehamilan

Menjadi aktif pada masa kehamilan merupakan hal yang sehat untuk ibu hamil dan juga untuk payinya. Pada awal kehamilan memang ibu hamil dianjurkan untuk banyak istirahat karna masa kandungan masih sangat muda dan juga rentan, dan ibu hamil dengan kondisi kesehatan yang kurang baik memang dianjurkan untuk tidak terlalu banyak melakukan aktivitas. Untuk kalian yang sedang hamil dan masa kehamilan kalian sudha cukup kuat menghabiskan waktu terlalu banyak untuk duduk tanpa melakukan aktivitas sebenarnya dapat berakibat sangat berbahaya untuk kesehatan kalian dan si bayi. Karena kita tidak melakukan aktivitas hal tersebut dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebih, kehilangan kebugaran dan peningkatan resiko terkena diabetes pada masa kehamilan atau pre eclampsia. Jika kalian bukan merupakan orang yang sering berolahraga pada masa kehamilan, ada banyak hal yang bisa kalian rasakan saat kalian lebih aktif dalam kehidupan sehari-hari pada masa kehamilan. Melakukan olahraga pada saat kehamilan akan memberi kalian banyak energy dan juga dapat membuat kalian tidur lebih nyenyak dan juga bisa meningkatkan mood kalian

melakukan berbagai aktivitas kebugaran merupakan halk yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil, olahraga dan aktivitas apa saja sih yang bisa dilakukan ibu hamil dirumah?

  1. Sering berjalan kaki

Ibu hamil memang dianjurkan untuk melakukan jalan-jalan, kegiatan olahraga ini bisa kalian lakukan dimana saja dan kapan saja. misalnya kalian akan berkunjung ke suatu tempat jika jaraknya dekat lebih baik kalian berjalan kaki saja dibandingkan kalian menggunakan kendaraan. Jika tempat yang kalian akan kunjungi jauh, kalian bisa menggunakan kendaraan dan parker ditempat yang sedikit jauh sehingga kalian biisa berjalan menuju ketempat tujuan. Atau kalian bisa meluangkan sedikit waktu untuk berjalan-jalan dipagi hari

  1. Naiki tangga

Menaiki tangga merupakan salah satu kegiatan yang bagus untuk mengencangkan otot kaki dan perut kalian. Jika kalian akan menuju 1 atau 2 lantai saja, kalian bisa berjalan menaiki tangga. Tetapi jika kalian menuju lantai yang lebih tinggi kalian bisa menaiki lift atau escalator dan mulai menaiki tangga saat lantai terakhir.

  1. Latih lengan dengan aktivitas sehari-hari

Kalian bisa mempersiapkan otot-otot lengan kalian sebagai latihan menggendong lama saat bayi kalian sudah lahir, tetapi jangan mengangkat apa pun yang terlalu berat. Saat kalian mengambil barang-barang seperti tas belanja, kalian harus ingat untuk menekuk lutut, pertahankan otot perut tetap di dalam dan punggung lurus.

  1. Mengantar anak kesekolah dengan berjalan

Berjalan adalah cara yang bagus untuk berolahraga selama kehamilan, itu tidak berdampak pada persendian kalian. salah satu contoh aktivitas sederhana yang bisa ibu hamil lakukan yaitu, jika kalian memiliki anak yang sudah sekolah dan jarak tempuh sekolah dekat kalian bisa mengantarkan anak kalian dengan berjalan kaki.

  1. melakukan pekerjaan rumah sambil mendengarkan music

pekerjaan rumah memang seringkali menjadi salah satu aktivitas yang sering dilakukan ibu hamil, tetapi pekerjaan rumah seperti mencuci piring, menyapu, mengepel rumah merupakan hal yang sangat membosankan. Agar kalian menikmati setiap aktivitas pekerjaan rumah, kalian boleh menyalakan music favorite kalian sambil mengerjakan pekerjaan rumah , dan dijamin deh pekerjaan rumah akan menjadi lebih asik dan menyenangkan.

  1. Bawa hewan peliharaan berjalan-jalan

Jika kalian memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kalian bisa mengajak anjing kalian untuk berjalan-jalan di daerah komplek atau taman didekat rumah kalian.

  1. Berkebun

Memotong rumput, menyiram dan menanam semuanya adalah cara yang baik untuk berolahraga dengan tambahan vitamin D dari sinar matahari.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *