Ini Dia Sejarah Perkembangan Dari Cineplex 21 Group

July 30, 2018 | By admin | Filed in: Blog.

Cinema XXI - Taman Anggrek Mall

Sebuah jaringan bioskop di Indonesia dan pelopor jaringan Cineplex di Indonesia adalah Cineplex 21 Group. Jaringan bioskop ini tersebar di beberapa kota besar yang ada di seluruh Indonesia dan sebagian besar diantaranya itu terletak didalam pusat perbelanjaan. Yang menjadi menu utamanya itu adalah film film Hollywood dan juga Indonesia, yang didukung dengan teknologi tata suara Dolby Digital, THX, dan yang terbaru Dolby Atmos. Cineplex 21 ini memulai kiparahnya di industri hiburan tanah air sejak tanggal 21 Agustus 1987. Cineplex 21 ini memiliki total layar 1240 yang tersebar di 33 kota di 146 lokasi di seluruh Indonesia. Cineplex 21 ini didirikan oleh Sudwikatmono yang bekerjasama dengan Benny Suherman dan Hariss Lesmana.

Seiring dengan perkembangan zaman, Cineplex 21 Group ini telah melakukan sejumlah pembenahan dan pembaharuan diantaranya dengan membentuk jaringan bioskop denganĀ  4 merek yang terpisah seperti Cinema XXI, The Premiere, Cinema 21, dan IMAX bagi target pasa yang berbeda beda.

Diantara 4 merek bioskop itu yang paling banyak memiliki jaringan bioskop yang tersebar di seluruh Tanah Air sebelum Cinea XXI adalah Cinema 21. Cinema 21 di Indonesia menguasai pangsa pasar penonton bioskop dengan memberlakukan harga tiket yang bervariasi sesuai dengan jenis film yang akan diputar, dan juga sesuai dengan lokasi dan target yang ingin dituju. Setelah Cinem 21 ini berdiri maka secara perlahan berubah menjadi jaringan bioskop kelas 2. Di bioskop ini sebagian besarnya memutar film film yang merupakan karya negeri sendiri dan tidak akan memutar film film asing. Tetapi hal ini tidak berlaku untuk Cinema 21 yang berada di beberapa kota di luar Jakarta yang belum menyediakan Cinema 21 dan tidak banyak terdapatnya Cinema 21.

Cinema 21 ini pada umumnya telah dilengkapi dengan tata suara Dolby Digital, dan bahkan beberapa diantaranya itu merupakan Cinema 21 versi yang terdahulu yang telah bersertifikat THX seperti Hollywood KC 21, Megaria 21, Mega 21, Puri 21, Anggrek 21, Citra 21, GM 21, Atrium 21, Arion 21, dan Setiabudi 21. Cinema 21 ini hadir di beberapa kota besar di Tanah Air dan salah satunya itu adalah di kota Jakarta. Cinema 21 Jakarta ini hadir di beberapa kawasan seperti :

  • Gading 21 yang berada di kawasan Mall Kelapa Gading 1, Lantai 2, Jl. Boulevard Kelapa Gading, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Disini tersedia 4 studio regular.
  • Tamini 21 yang berada di kawasan Tamini Square, Lantai 2, Jl. Taman Mini Raya, Makasar, Jakarta Timur. Disini tersedia 3 studio regular.

Itulah sejarah perkembangan dari cinema 21. Selain di Jakarta, Cinema 21 ini hadir juga di berbagai daerah seluruh nusantara seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *