Pemasangan Lampu Tambahan Motor Diperbolehkan, Asalkan

July 14, 2018 | By admin | Filed in: Blog.

Detail Suzuki Satria F150 Fighter 1 Seperti Apa ?

Pemakaian lampu tambahan pada motor hasil modifikasi memang sudah lazim digunakan. Ada yang berwarna-warni, ada juga yang berwarna putih. Tempat pemasangannya juga bermacam-macam. Ada yang memang pengganti lampu utama, ada yang ditempatkan di dekat ban motor bahkan ada juga yang diletakkan di spion. Sehingga memasang lampu tambahan bersamaan dengan mengganti spion. Tidak diragukan lagi penambahan lampu ini membuat penampilan motor Anda lebih terlihat keren. Apalagi jika Lampu tambahan foglamp ini bermanfaat. Seperti membuat jarak pandang pengendara bisa menjadi lebih luas. Tentu akan menambah rasa bangga bagi penegendaranya. Umumnya lampu tambahan ini digunakan klub-klub motor yang sering melakukan perjalanan atau touring hingga malam menjelang. Apalagi jika melewati jalan yang berkabut atau jalan tanpa penerangan seperti di pegunungan, maka lampu foglamp ini sangat berguna.

Namun yang harus  menjadi perhatian bagi pecinta motor modifikasi adalah bahwa penambahan lampu foglamp haruslah disesuaikan dengan manfaatnya. Jika memang digunakan di tempat dengan penerangan yang kurang tentu tidak menjadi soal. Tapi jika di daerah perkotaan dengan penerangan yang cukup, maka penggunaan foglamp ini tidak berguna.

Penggunaan lampu foglamp juga harus memperhatikan dari segi keselamatan pengguna jalan lain. Jangan sampai hanya karena ingin terlihat keren, hak orang lain dikesampingkan. Menurut Jusri Pulubuhu, founder Jakarta Defensive Driving Consulting mengemukakan bahwasanya pemasangan lampu tambahan diperbolehkan asalkan harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan lalu lintas dan yang paling penting tidak mengganggu pengendara lain.  Misalnya dengan menyematkan lampu rotator dan strobo, lampu yang digunakan memiliki intensitas cahaya yang terlalu tinggi dan lampu tambahan yang berlebihan yang berseberangan dengan fungsinya. Lampu foglamp yang digunakan harus fokus ke jalan raya. Sehingga tidak membahayakan pengendara dari arah berlawanan.

Ada tips modifikasi motor yang diberikan oleh AKBP Ipung. Yakni apabila lampu sein standar dirasa kurang besar, maka boleh menambah atau menggantinya dengan lampu lebih besar. Hal ini tentunya untuk meningkatkan jalannya komunikasi antar pengguna di jalan raya. Jika tanda yang diberikan dapat dipahami oleh pengguna lain, maka tidak akan terjadi kesalahpahaman. Dengan begitu kecelakaan lalu lintas juga dapat dihindari.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *